teks eksplanasi faktorial


 Revolusi Industri
Oleh Rizky Amalia Mukti


            Kenalkah kalian dengan Revolusi industry?  Revolusi industry yang terjadi di Eropa dan Inggris membawa dampak di bidang sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia. Di bidang sosial muncul golongan buruh yang hidup dalam kesusahan dan penderitaan. Gerakan kaum buruh ini melahirkan gerakan sosialis yang menjadi lawan dari golongan kapitalis. Dibidang politik sendiri Belanda melakukan penjajahan dengan penerapan berbagai monopoli ekonomi. Hal ini berdampak juga pada perekonomian di negra Indonesia. Negara Indonesia mau tidak mau harus bersiap mengalami perubahan-perubahan dampak dari Revolusi Industri ini.
            Revolusi Industri sendiri merupakan periode antara tahun 1750-1850 di mana terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manifaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia. Revolusi industry sendiri dimulai dari Britania Raya dan kemudian mulai menyebar ke seluruh Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang, dan seluruh dunia.
            Revolusi industry menandai terjadinya titik balik besar dalam sejarah dunia, hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh revolusi industry, khususnya dalam hal peningkatan pertumbuhan penduduk dan pendapatan rata-rata yang berkelanjutan dan belum pernah terjadi sebelumnya. Revolusi industry dimulai pada abad ke 18 di mana terjadinya peralihan dalam penggunaan tenaga kerja di Inggris yang sebelumnya menggunakan tenaga hewan dan manusia yang kemudian digantikan oleh penggunaan mesin berbasis manifaktur.
            Periode awal dimulai dengan dilakukannya mekanisasi terhadap industry tekstil, pengembangan teknik pembuatan besi dan peningkatan penggunaan batu bara. Adanya peralihan dari perekonomian yang berbasis manifaktur menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk besar-besaran dari desa ke kota, dan pada akhirnya menyebabkan membengkaknya populasi di kota-kota besar di Inggris.
Faktor yang melatarbelakangi terjadinya revolusi industry adalah terjadinya revolusi ilmu pengetahuan pada abad ke 16 dengan munculnya para ilmuan seperti Francis Bacon, Rene Descartes, Galileo Galilei serta adanya perkwmbangan riset dan penelitian dengan pendirian lembaga riset seperti The Royal Improving Knowledge, The Royal Society of England, dan The French Academy of Science.
            Revolusi Industri menandai dimulainya era pertumbuhan pendapatan per kapita dan pertumbuhan ekonomi kapitalis. Revolusi industry dianggap sebagai peristiwa paling penting yang pernah terjadi dalam sejarah kemanusiaan sejak demostikasi hewan dan tumbuhan pada masa Neolitikum.

Komentar

  1. Terimakasih banyak kak! Contoh teks eksplanasinya sangat membantu!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recount text, imaginative recount Spiderman

eksplanasi sequential Metamorfosis Katak

Recount Text Factual Recount Titanic