contoh teks narasi ekspositik


teks narasi

PERANG SURABAYA


Oleh Reni Sulistia


Pada tanggal 10 November 1945 meletuslah sebuah gerakan perlawanan rakyat Surabaya untuk mengusir penjajah Belanda dan para sekutunya dari tanah air khususnya untuk daerah Surabaya. Perang ini berawal dari kemarahan tentara Inggris akibat terbunuhnya salah satu pimpinan mereka, yaitu Brigadir Jenderal Mallaby. Akibat tewasnya pimpinan mereka, Inggris dan para sekutunya memberikan sebuah ultimatum kepada seluruh pejuang yang ada di Surabaya untuk segera menyerah. Bukannya menyerah, ultimatum tersebut malah dianggap sebagai penghinaan oleh para pejuang dan rakyat Surabaya.

Mereka membentuk sebuah milisi-milisi perjuangan untuk menghadapi pihak Inggris yang mengancam untuk menyerang. Mengetahui ultimatumnya ditolak, Inggris dan para sekutunya marah besar. Kemudian pada tanggal 10 November pagi mereka melancarkan serangan besar-besaran melalui laut, udara, dan darat dengan mengerahkan kurang lebih 30.000 infanteri. Sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang diarahkan menuju Surabaya. Kota Surabaya diserang habis-habisan oleh pihak sekutu. Mereka mengebom bardir gedung-gedung pemerintahan dan membunuh semua parang pejuang yang terlibat. 

Kejadian waktu itu sangatlah mengerikan, pembunuhan terjadi dimana-mana dan membuat para pejuang semakin terdesak. Namun diluar dugaan, rencana mereka untuk menaklukkan Kota Surabaya dalam 3 hari gagal total.

Seluruh pejuang dan rakyat Surabaya turun ke jalan untuk melakukan perlawanan. Semangat para pejuang rakyat Surabaya pada saat itu sangat membara. Hal itu disebabkan berkat munculnya seorang pemuda yang bernama Bung Tomo. Pada saat itu Bung Tomo dengan gagah berani memberikan sebuah pidato kepada rakyat Surabaya untuk membakar seluruh semangat juang yang mereka miliki walaupun sampai titik darah penghabisan. Pertempuran Surabaya berlangsung sekitar 3 minggu dan dimenangkan oleh pihak sekutu, Meskipun Kota Surabaya jatuh ketangan sekutu, perlawanan rakyat Surabaya pada saat itu membangkitkan semangat juang seluruh masyarakat Indonesia.



Bacharuddin Jusuf Habibie
Oleh Rizky Amalia Mukti

Siapa yang tidak kenal dengan BJ Habibie? Prof.Dr.H. Bacharuddin Jusuf Habibie, Freng adalah presiden ke tiga Negara Kesatuan Republic Indonesia. Sebelumnya BJ Habibie juga menjabat sebagai wakil presiden ke tujuh mengantikan Try Sutrisno yang mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998. Selain pernah menjabat sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia, BJ Habibi juga pernah menjadi mentri Riset dan Teknologi, menjadi ketua BPPT,  dan menjadi kepala BPIS.
            Selain dikenal karena menjadi presiden ketiga negara Indonesia dengan membawa gebrakan berupa Habibieconomic dimana setiap prodak yang dihasilkan rakyat harus bernilai tambah dan memberikan tambahan kesejahteraan bagi masyarakat, terutama teknologi untuk industry pangan dan energi terbarukan. Habibieconomic ini mampu membenahi ekonomi Indonesia yang minus 13,13 persen pada 1998 menjadi 0.79 persen pada 1999. BJ Habibie juga dikenal sebagai pembuat pesawat. Pesawat pertama yang dibuat oleh negara Indonesia yang merupakan karya BJ Habibie dan anak bangsa adalah R-250 yang merupakan pesawat penumpang sipil regional komuter turboprop yang diproduksi oleh IPTN. Pesawat R-250 ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1995 namun pada tahun 1997 produksinya harus di hentikan karena Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi waktu itu.
            Legacy Habibie kemudian menggarap proyek pesawat R80 pada tahun 2012. Pesawat R80 ini melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2017. Sisi cangih pesawat R80 ini adalah dilengkapinya pesawat ini dengan teknologi Fly by Wire,dimana pilot dimungkinkan untuk melakukan kendali menggunakan sinyal ektronik.
            Dari kedua hal yang membuat Habibi terkenal ada satu hal lagi yang membuat BJ Habibi dikenal dan dicintai oleh semua golongan, dan semua lapisan masyarakat, yaitu kisah cinta BJ Habibie dengan ibu Hasri Ainun Besari. BJ Habibie dan Ainun menikah pada 12 Mei 1962. Saat ibu Ainun meninggal bapak BJ Habibie setiap hari Jumat selalu datang ke makam Ibu Ainun. Tak hanya itu bapak BJ Habibie juga selalu membacakan tahlil setiap malam untuk istri kesayangannya.  
            Saking romantisnya kisah cinta Habibi Ainun ini, dibuatlah sebuah film oleh sutradara terkenal Indonesia yaitu Hanung Bramantyo. Film ini berjudul Habibi dan Ainun, Rudy Habibi dan yang baru saja tayang dilayar kaca adalah Habibie dan Ainun 3. Film yang sangat romantic, yang ditunggu oleh banyak orang dan bisa membuat menangis setiap orang yang melihat film ini.
            BJ Habibi adalah tokoh inspirasi bagi negara ini. Orang yang sangat mencintai bangsanya, mencintai keluarganya, dan mencintai istrinya membuatnya sangat dicintai oleh warga dan bangsa Indonesia. tak hanya terkenal di negara Indonesia sendiri, ia juga begitu dihormati di negara asing. Kecerdasannya yang dikabarkan mengalahkan kecerdasan Albert Einstein, digunakan untuk memajukan bangsa Indonesia baik dibidang pemerintahan maupun dibidang industri pesawat terbang. Kita seharusnya sebagai generasi muda meniru sosok BJ Habibi, yang bangga terhadap produk dalam negri, bukan malah sibuk pamer hasil import luar negeri.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recount text, imaginative recount Spiderman

eksplanasi sequential Metamorfosis Katak

Recount Text Factual Recount Titanic